Ulama Jatim Akan Fatwakan Facebook


Ya MUI bikin sensasi lagi nih.....!!!!Setelah Memfatwakan Rokok haram kali ini giliran facebook yang dijadikan sasaran
Menurut berita yang dirilis okezone MUI Jatim akan fatwakan Facebook

"SURABAYA - Menjalin pertemanan dalam dunia maya dengan memanfaatkan sarana jejaring sosial, seperti Facebook semakin marak. Namun para ulama di Jawa Timur disebut-sebut berencana akan memfatwakan Facebook.

Berdasarkan data internal yang dimiliki lembaga Independen pusat operasional Facebook, Palo Alto California, Amerika Serikat menyebutkan dari 235 juta masyarakat Indonesia, sekira 813.000 pengguna Facebook.

Melejitnya para pengguna Facebook di Indonesia ini menyulut kekhawatiran sekira 700 tokoh muslim di Surabaya, Jawa Timur untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap Facebook. Mereka menilai menjamurnya jejaring sosial tersebut dirasa akan memberikan dampak negatif bagi umat Muslim di Indonesia, dan dapat digunakan untuk transaksi seks terselubung."


Apa mungkin karena MUI gak punya bahan lagi untuk difatwakan ya....??
atau mungkin MUI sekarang lagi kalah pamor dari berita Ketua KPK dan PilPres, ya maklum saja mungkin MUI iri dengan para pengguna facebook, yang bisa bercanda tawa, saling curhat walau hanya dengan tulisan sedang MUI sendiri tidak bisa seperti mereka para penggila facebook.
Bisa jadi nanti jika fatwa tentang facebook telah keluar akan merembet mengeluarkan fatwa ke lainnya lagi seperti chatting (Mirc, Yahoo Messenger, atau skype), Friendster, dan malah ke email atau malah bisa-bisa menfatwakan Pengguna Internet
Kapan Mau maju Indonesia kalau begini terus, sedikit-sedikit keluar fatwa.
Ya Beginilah nasib hidup di Indonesia.....!!!!!!!
Bagaimana menurut teman-teman soal MUI Akan Fatwakan Facebook.....??monggo silahkan tukar pendapat disini....!!!!

98 Responses to "Ulama Jatim Akan Fatwakan Facebook"

  1. Jujur saya mengatakan saya nggak setuju. Ini baru saya yang mungkin baru tahu. Kalau pemakai user yang lain tahu pasti bakal sama pendapatnya dengan saya.

    ReplyDelete
  2. Yah mau gimana lage?
    Tapi BLOGGER gak di FATWA khan? He he h e

    WISATA SEO SADAU , SEO SADAU DAN BELAJAR SEO PARA PEMULA

    ReplyDelete
  3. Sama juga itu menjegal kekreatifan anak negeri. Orang mau berkreasi kok malah di larang. Bisa bisa Indonesia gak maju ini. Piye to iki?

    ReplyDelete
  4. Indonesia bisa dibilang jauh terlambat memanfaatkan FB. Sekali mau nge-FB sampe lupa semua. Mungkin perlu juga MUI bikin fatwa itu, biar ada rem-nya.

    ReplyDelete
  5. Buset dah...udah gua gak bisa ngeroko,sekarang gak bisa facebook-an lagi

    ReplyDelete
  6. walah setelah lama gag nongol sekalinya nongol fatwa ni yeeeeee

    ReplyDelete
  7. selamat malam salam kenal yah....wah kok bisa yah...om

    ReplyDelete
  8. kekhawatiran itu wajar, dg FB-ria kadang2 kita lupa waktu sholat.. tapi itu semua tergantung dari pribadi masing2.. yg saya khawatirkan adalah ketika fatwa2 MUI menjadi sebuah arsip saja, no action. seperti fatwa larangan merokok, sampai sekarang pun banyak orang angin2an dg fatwa trsebut. yah, sementara yg bisa kita lakukan adalah ber-FB tanpa lalai dg waktu..

    ReplyDelete
  9. Wuihh,, kok segitunya sihh
    padahal kan FB gak ada salah. yg salah kan usernya. jd usernya aja deh yg difatwa.:)

    jangan sempat deh Ngeblog difatwa.

    ReplyDelete
  10. Seks terselubung? kalo ini mah gak perlu pake facebook. media lain kayak telpon, sms, tv, film, apapun bisa dijadiin media seks terselubung. jadi kurang bijak kalo ini yg dijadiin alasan untuk kita gak boleh pake facebook. sampe saat ini saya lebih banyak dapetin manfaat dari facebook ketimbang kerugian. yg paling banyak, ukhuwah islamiyah masih bisa terhubung dengan saudara2 lama yg udah gak pernah ketemu.

    ReplyDelete
  11. aya-aya wae...
    ulama goblog nie..
    bikin kacau ummat!!!
    fatwa kok gampang banget di ucapkan...

    ReplyDelete
  12. untuk fatwa rokoknya ada postingannya gak sob,makin gempar aja nihh pacebuks,banyak yang bahas sekarang.

    ReplyDelete
  13. Wuihh..Haram???Dasar apa tuh koq di hukumin haram.. MUI yang Aneh!!! Apa jangan2 para pengurus MUI iri ya ga bisa ngenet N facebooookkannn..hohohoho:))

    ReplyDelete
  14. jangan mudah terprovokasi.. kali beritanya bukan begitu, aneh banget.
    banyak FB addict yah disini.. :)

    ReplyDelete
  15. padahal masi banyak acara di TV yang perlu di koreksi kok malah lebih pentingin Facebook.. Capek Deh liat Indonesia ni

    ReplyDelete
  16. Wah, bisa gawat kita nih..
    lama2 penghuni surga cuma ulama2 kondang aja.
    yg pny fesbuk sama usernya ga tw kemana..
    ha..ha

    ReplyDelete
  17. gW kira mereka pingin beken di dunia maya...makanya bikin fatwa ngawurr kayak gitu. kalo mau beken bukan gitu caranya..ngeblog kek, ato bikin FB..hehehe....

    ReplyDelete
  18. nurut saya, kita nggak perlu terlalu mempermasalahkan tentang ini, sampe harus bilang ulama goblog. Memang realita sekarng facebook menimbulkan banyak masalah.. ngapain juga kita belain punya orang bule, lagian yang kaya juga dari facebook orang bule, bukan kita juga..

    ReplyDelete
  19. Postingan yang penuh emosi hehe *pisssss kang*

    hemmm.., asal kita punya niat yang baek menurut saya sich ga ada yang perlu di risaukan dengan fatwa itu. kita niatin yang baek aja kang, ntar kita serahin ama yang Di Atas soal Hukumnya...;-)

    perlu di "bold" bahwasannya facebook juga sudah menjadi kebutuhan saya sehari-hari hehe

    ReplyDelete
  20. tapi tergantung individunya juga broo

    ReplyDelete
  21. seperti pisau, kalo di pake koki y jadi makanan enak, klo di pake penjahat ya jadi ngerampok....

    yang haramnya ya kalo di buat ngerampok.... jadi pisau atau ngerampok yang haram...

    ReplyDelete
  22. iya nich kacau juga hahahha sebetulnya facebook atau social network itu diciptakan buat untuk menambah relasi dan lain-lain tapi teknologi itu seperti pedang bermata dua disatu sisi bisa untuk kebaikan,sisi lain bisa membuat keburukan jadi harus benar-benar dimanfaatkan teknologi itu

    ReplyDelete
  23. facebook ttap sj ada positif n negatifnya. tugas ulama mmang mengingatkan umat, termasuk lewat fatwanya. untuk operasional masuk wilayah tugas pemerintah. kalau nunggu smua fatwa ditaati mungkin jarak antara satu fatwa dengan fatwa lainnya bisa tahunan.

    ReplyDelete
  24. You must be logged in as a preferred member to see this page

    ReplyDelete
  25. I am the son of a Holocaust survivor Sulumits Retsambew Dukung MUI

    ReplyDelete
  26. nurut saya, kita nggak perlu terlalu mempermasalahkan tentang ini, sampe harus bilang ulama goblog. Memang realita sekarng facebook menimbulkan banyak masalah.. ngapain juga kita belain punya orang bule, lagian yang kaya juga dari facebook orang bule, bukan kita juga.

    ReplyDelete
  27. fesbuk ga cari gara2 kok...
    yg mulai kan sang beliau.

    ReplyDelete
  28. kalo mem fatwakan ul*** gimana yah...?

    ReplyDelete
  29. kya kya kya.... peace...peace....

    ReplyDelete
  30. Ga lama lagi Telepon juga di Haramkan, berikutnya SMS abis itu ga lama lagi muka lo masing di haramkan juga. mau transaksi seks mah bisa dimana aja bos. ga mesti pake facebook. dasar orang ga ada kerjaan muka jg jgn lupa di haramin ya

    ReplyDelete
  31. jadiin indonesia tanpa teknologi TT

    ReplyDelete
  32. Facebok itu tergantung dengan penggunanya sih mnurut saya,,

    ReplyDelete
  33. moga2 blog g difatwa juga!!!

    ReplyDelete
  34. yah semua sarana n fasilitas di internet itu seperti pisau bermata dua, bisa digunakan untuk hal positif maupun negatif, tergantung penggunanya. tidak usah facebook, HP juga bisa digunakan untuk itu. apa HP mau diharamkan juga?

    ReplyDelete
  35. uhhmm... kemungkinan besar siy HP juga nanti akan diharamkan, dengan alasan banyaknya pengguna "phone-sex". bahkan mungkin nanti kendaraan juga mungkin akan diharamkan karena sering digunakan untuk pergi ke tempat warung remang².

    anw, MUI tu malaikat? ato nabi? ato khalifah?

    ReplyDelete
  36. hm..... padahal bisa di liat dari segi positifnya juga lho kalo facebook bisa membuat orang lebih pinter dan google sendiri sudah mulai khawatir dengan kehadiran facebook

    ReplyDelete
  37. wah mui yg kurang kerjaan niy...

    ReplyDelete
  38. sebenarnya setiap orang pny pendapat masing2. salam kenal

    ReplyDelete
  39. Ya itu semua tergantung penggunanya...FACEBOOK juga bisa dijadikan media dakwah..ya kan?

    ReplyDelete
  40. Tapi bingung juga sama mereka nih, banyak hal yang lebih penting dari itu kok gak diurusi. Eh, tiba-tiba ngurusi facebook. Facebook itu kan tergantung yang pake, kita punya kontrol penuh untuk meng'add' atau tidak meng'add' siapapun yang kita suka atau tidak suka.

    ReplyDelete
  41. wah itu sih acaranya para ulama yang kebakaran jenggot....kalau kayak gini terus lama-lama umat Islam gaptek dunk....itu sih tergantung yg makek...


    ...buat teman-teman yang ingin membeli link dengan 2000 rupiah saja
    untuk meningkatkan pagerank & alexa kunjungi kami...thanks

    ReplyDelete
  42. sangat fenomenal, dan susah untuk berpihak dalam satu pihak...

    tergantung pada pribadi masing-masing

    ReplyDelete
  43. iya juga tuh, kalo FB difatwakan lama2 nyebar deh ke lainnya...

    but, kalo semua difatwakan dari FB, YM, or Blog sekalian....aku stuju2 aja tuh...tapi jadi gak berani pulang ke Indo, biar di Hongkonmg aja gak kena Fatwa..haha

    btw, kalao mereka menganggap akan menyebarkan transaksi sex terselubung, padahal itu tergantung user sendiri bagaimana memfungsikannya...then, kalau mereka meniti lebih dekat..padahal banyak penjahat, pncuri, pencopet yang berhenti and keluar dari pekerjaannnya setelah kenal internet....dan bisa mendapatkan hasil yang lumayan dari internet bukan dengan cara menipu..dan FB salah satu network sebagai ajang bisnis serta menarik visitor ke blog kita.

    jadi, seharusnya MUI memandang dari sisi positif dan negatif gak cuma melihat negatifnya aja..

    ReplyDelete
  44. HAbis banyak yang menyalahgunakannya sih....

    ReplyDelete
  45. Sebenarnya tergantung dari bagaimana kita menggunakannya....

    ReplyDelete
  46. aneh2 aja emang ulama2, harusnya yang dilarang kayak situs friendfinder tuh, bokep tok, haha

    eh aku juga mw tuker link, oce, linkmu udah tak pasang di nlogroll, thx yo

    ReplyDelete
  47. tergantung si pemakai kalo untuk yang aneh2 ya jadi haram kalo untuk cari ilmu ya jadi halal

    ReplyDelete
  48. hmm... kenapa ya yg enak2 kok mesti haram mas..??

    konteks haram ato ga' sebenarnya tergantung dari usernya, masak media yg mgkn bagi sebagian orang bnyk manfaatnya drpd mudhorotnya kok dikatakan haram..??

    salam kenal mas..

    ReplyDelete
  49. menurut saya tergantung orangnya mas...
    kalau buat maksiat ya jelas haram...

    ReplyDelete
  50. Esensinya adalah melarang transaksi seks terselubung.. tapi kenapa Facebook-nya yang di larang??

    ReplyDelete
  51. Aduh..

    Padahal FBkan buat membererat tali silaturahmi..

    Hehheee

    ReplyDelete
  52. Menurutku tergantung kepada penggunanya. Kalau untuk tindakan mesum dan sejenisnya ya jadi haram.

    ReplyDelete
  53. Khan tergantung pemakaiannya, pa mo dibuat kebaikan atau buat maksiat

    ReplyDelete
  54. semoga ngga sampe terjadi, banyak sisi positif dari FB yang bisa kita ambil, ya semua tergantung penggunanya, kalau udah niat jelek ya dikasih pensil aja bisa buat nusuk orang :P

    ReplyDelete
  55. gk haram......

    asal yakin kalo gk ada niat buat bikin dosa =)

    mampir yh kawan

    Cara Belajar

    ReplyDelete
  56. Semua itu karena akibat dari sebagian orang yang tidak mampu memanfaatkan/mnggunakannya secara benar

    ReplyDelete
  57. Kalau saja dari dulu kita bisa memanfaatkannya secara benar, tentu tdak akan keluar fatwa tersebut

    ReplyDelete
  58. memang teknologi ibarat mata uang ada sisi positif dan negatifnya tergantung individu masing2...

    ReplyDelete
  59. Gk setuju gua. Masa facebook aja diharamkan. Kan tergantung pribadi masing penggunaannya.

    ReplyDelete
  60. Menurutku itu keputusan yang sangat tidak arif dan emosional tanpa mempertimbangkan reaksi ummat. Karena banyak tool-tool lain yang apabila disalahgunakan akan mengakibatkan maksiat, tidak cuman FB. Semuanya kembali kepada masing-masing pribadi bagaimana menyikapi keberadaan FB.

    ReplyDelete
  61. Selamat siang.. Maaf nyari wangsit. Kok link ku blum ada ya? Hikzz..

    ReplyDelete
  62. itu cumA suatu pernyataan yang tidak bermutu kalo menurut saya,,,,kurang kerjaan

    ReplyDelete
  63. ya itu tergabtung yang makai juga..

    ReplyDelete
  64. opinion do you think a facebook is safe.. i am not allowed... Facebook is quite safe. You can alter your privacy settings so only your friends

    ReplyDelete
  65. tergantung yang makai kaya gitu kok haram sihhhh...bener ngak mas

    ReplyDelete
  66. Ga ikut2an aku...hehehe... salam kenal gan

    ReplyDelete
  67. Kembali ke individu masing2.Sebetulnya gak perlu fatwa segala.

    ReplyDelete
  68. sewaktu friendster Booming, ga da keluar fatwa.
    padahal ada juga iklan gambar2 seksi.
    kenapa musti fesbuk...??

    hayyo....

    ReplyDelete
  69. Katanya "Sekedar Blog ja Ga Lebih"
    Tapi...
    Banyak iklan nech disana sini.
    hehehe.
    :D

    ReplyDelete
  70. hehe...yang difatwa haram bukan fesboknya tapi pemanfaatan fesbok oleh individu2, utk apa? yg haram udh jelas, yg halal sdh jelas, ga usyah dibikin bingung dg fatma MUI, lha wong tugase ulama kui ya koyo ngono, memberi nasehat & meluruskan umat :)

    ReplyDelete
  71. Yang penting kita gunakan FB untuk tujuan baik dan positif.

    ReplyDelete
  72. Bagaimana kita aja memanfaatkannya, benar gak kang ?

    Dohh ...baju kita sama kang hue he he

    ReplyDelete
  73. Ini menunjukkan ketidak terimaan umat manusia akan ada teknologi keknya... skrng jgn salahkan perkembangan yah seharunya. tapi sikapi facebook bukan hal yg mengharamkan bahkan sebelumnya banyak yang lebih terbuka lagi.
    ini semua tergantung dan kembali pada manusianya masing2 aja yah.

    ReplyDelete
  74. haram tidaknya tergantung pemakaian, kalo dipakai buat pajang gambar porno ya haram.

    ReplyDelete
  75. Seandainya saja MUI sedikit mau belajar esensi teknologi informasi, bukan sekedar menghakimi berdasarkan asas praduga atau kabar-berita, mungkin gak perlu keluar fatwa yang gak masuk akal gitu. Bukankah pengetahuan dan ilmu mereka harusnya bersfiat dinamis, sehingga bisa menjaga umat yang melaju dalam perkembangan yang dinamis

    ReplyDelete
  76. sendainya MUI mau sedikit belajar mengenai esensi teknologi informasi, pasti fatwanya bisa lebih 'membumi'. Bukankah harusnya pengetahuan dan ilmu mereka, bisa selalu mengikuti perkembangan zaman, di mana umatnya dideru dan digerus dengan perubahan yang sangat dinamis. Ah, MUI, kapan dewasanya ya?

    ReplyDelete
  77. Gue juga orang islam tapi soal haram tidaknya facebook kok gue ngrasa terlalu mengada-ada, ya. tu kan tergantung ke orangnya masing2. jangankan facebook, google aja bisa disalahgunakan kok.

    ReplyDelete
  78. Wuiih... klo FB difatwah haram, jangan2 ngeblog juga diberi fatwah haram juga tuh??? gimana hayo???

    ReplyDelete
  79. Klo FB difatwah haram jangan2 entar ngeblog juga demikian, gimana hayo????

    ReplyDelete
  80. Duh" Susah kalo apa" di haramin
    Kalo Ngeblog di haram kan sich Gue tetep Hajar ngeblog trus.Emang MUI ngasih makan gue ? :D

    ReplyDelete
  81. I completely don't agree with the banation

    ReplyDelete
  82. Menurut saya tergantung pada penggunaan facebook itu sendiri, kalau digunakan untuk menjalin tali ukhuwah bagi teman2 yang jauh itu sih silahkan saja. tapi kalau facebook menyebabkan lupa segalanya ya itu c namanya memudharatkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  83. kalo belum ada bukti kebenarannya lebih baik tenang - tenang saja, toh teknologi itu tidak salah...yang salah yang menyalahgunakan..

    ReplyDelete
  84. Masih ada nggak sih yang mau patuh sama MUI tentang facebook ini?

    ReplyDelete
  85. aneh kok facebooknya disalahin.. ibarat pisau bermatau dua bisa buat masak atau nodong tergantung usernya lah

    ReplyDelete
  86. justru dengan adanya facebook bisa silaturrahmi tanpa batas, banyak manfaatnya koq diharamkam?

    ReplyDelete
  87. nggak di haramkan too.. di haramkan kalau .. kl gak saalah si gitu :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  88. Semua tergantung penggunanya kan...!!!bisa haram bisa tidak

    ReplyDelete
  89. ga setuju gw kalau dibilang haram

    ReplyDelete
  90. memfatwakan sesuatu harus dilihat dari penggunaannya dulu. kalau facebook digunakan untuk silaturahmi seperlunya justru baik. tetapi kalau digunakan untuk menipu orang itu baru haram.

    ReplyDelete