kesenian khas situbondo yang mulai dilupakan

Malem minggu pas ngopi bersama teman di warung sekitar alun-alun kota situbondo, ternyata di alun-alun ada peringatan hari jadi Jawa Timur.
dan ada pagelaran seni disana, wah seneng banget rasanya bisa menyaksikan pegelaran seni tersebut. Karena pagelaran seni ini sudah lama gak pernah aku lihat lagi di kota santri situbondo ini. .

Sebab kesenian yang satu ini merupakan kesenian tradisional aseli kota situbondo, yaitu pagelaran kesenian wayang topeng atau biasa dikenal dengan "kadar" . Kesenian tradisional ini Hanya tampil jika ada acara-acara hajatan perkawinan saja, dan itupun jarang sekali atau bisa dikatakan tidak pernah.





Apa karena tergusur oleh jaman ya....?? Padahal waktu saya masih kecil Kesenian Kadar ini hampir pasti ada disetiap acara-acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya, sayang kalau kesenian ini harus punah dengan berubahnya zaman, karena aku lihat para penontonnya juga banyak dan antusias melihat pagelaran wayang topeng ini. tapi sayang sebagian besar penontonnya kebanyakan orang tua saja (pemuda-pemudinya sedikit), hiks jadi sedih, mungkin para pemuda pemudinya pada sibuk kencan ya, kan sekarang malam minggu, hehehehehe
Ya semoga saja pemerintah daerah Situbondo bisa melestarikan kesenian khas kota Situbondo ini

64 Responses to "kesenian khas situbondo yang mulai dilupakan"

  1. HHOOYYEEEEEEEEEEEEEEEE..........
    TERKABULKAN JDI YG PERTAMAXXXX....

    ReplyDelete
  2. yaaah.... ketinggalan... gak bisa pertamax...
    hiks hiks...

    ReplyDelete
  3. wayang topeng... wayang orang tapi pake topeng ya...
    sayang kalo harus punah.. mungkin harus dimodif dikit bir lebih menarik n gak ditinggalkan penggemar...

    ReplyDelete
  4. emm diduluin wanita dini hari......btw nice post...banyak sdh kesenian asli yg terlupakan , hanya muncul saat moment2 tertentu....tapi semoga pemerintah bisa bikin wadh buat pelestarian kesenian ene...bkn skdr aji mumpung....

    ReplyDelete
  5. ternyata kang oeoes perhatian juga sama kesenian daerah yah..weww..salut kang apalagi ditengah arus modernisasi saat ini..patut dicontoh neh :)

    ReplyDelete
  6. Para pemuda-pemudinya mngkin lebih tertarik dgn kesenian yg berbau kebarat2an,misal kediskotik ato kafe2,nonton film yg udh modern..
    untung aja masih ada mas oeoes yg mau menghargai kesenian daerah...

    hidup buat mas oeoes ...andai saja mereka seperti km mungkin kesenian tiap2 daerah tak kan punah...hhee

    ReplyDelete
  7. mas oeoes nonton disebelah mana?? kok gk kelihatan..seharusnya naik keatas panggung..lalu menghadap kebelakang

    pamer bokong DB7 hheee..

    ReplyDelete
  8. Sorry aku main2 di kolom ini ya ...hhee
    lg balas dendam,dr tadi coment tp gk masuk2

    aku lihat gambr itu kok malah inget kampung halamanku...jd inget masa kecilku..jadi pingin cepet pulang...

    ReplyDelete
  9. Betul tuh.. masak kebudayaan bangsa kita kalah dengan yang lain. Ntar di aku-aku lagi lho... Cepat di lestarikan dan di kenalkan ke khalayak manusia seluruh dunia.

    ReplyDelete
  10. wahh kayaknya mesti ngeliad langsung niyh..cc sampe skg blom pernah nonton wayang topeng..lebih seru kali ya??..:D

    ReplyDelete
  11. sampe nulis asli jadi aseli saking aslinya ya kang wkwkwk

    jadi maksudnya kang oeoes mo bilang ...mungkin para pemuda pemudinya pada sibuk kencan ya, kan sekarang malam minggu. mo bilang klo kang oeoes lagi kosong??
    duh kang kesian nasib janda janda sana-sini ditinggalin.
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. moga2 kesenian tradisional lebih mendapat perhatian pemerintah biar bisa tetap idup sebagai aset kekayaan negara juga

    ReplyDelete
  13. klo kita mau sedikit lebih cerdas spt bung oeoes ini, mau lebih mengeksplore, lalu mengemasnya lebih menarik, dan akhirnya memiliki daya jual, niscaya tidak hanya bali dan jogja yg jadi pusat wisata indonesia!

    Salut bung! very nice posting!

    ReplyDelete
  14. Pemerintah daerah yg kurang konsen,.rata2 skrgpemda di sibukkan oleh perebutan kursi kekuasaan,,..pilkada,...
    Salute fr this posting!
    ayo,..bro cari kesenian daerah yg laen,.biar tetep eksis dan maju!

    ReplyDelete
  15. dan ini adalah salah satu cara melestarikan kesenian.. meski lewat blog...

    ReplyDelete
  16. Salah satu yg membuat tergusurnya kesenian daerah adalah kedahsyatan teknologi informasi..
    Seperti itu juga yg terjadi dengan kesenian khas sunda, seperti angklung, wayang golek dll.
    Menarik sekali artikelnya nih..
    Salam kenal dari saya mas Oeoes...

    ReplyDelete
  17. semuanya akan berubah, tidak ada yg abadi...hix..hix.. ngomongin apa seh :)

    ReplyDelete
  18. semestinya bisa di kemas lebih baek lgi...ngerebut hati para pemuda emg bukan dengan mendongengi dan menasehati aja..
    *ya ky saya ini ndongeng aja*

    ReplyDelete
  19. hemmm, ternyata suhu oeoes pencinta budaya juga..salutt, memang seharusnya budaya bangsa ini dijaga dan keseniannya juga...wah jadi pengen nonton neh

    ReplyDelete
  20. Coba kalo ditengah acara disisipin penampilan d'massiv wah pasti deh banyak ABG yang mo nonton ... hehe

    ReplyDelete
  21. wes suwe rak tau wayangan aku... T_T

    ReplyDelete
  22. Banyak segali budaya-budaya kita yang terancam punah .. hal ini perlu mendapat perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah, jangan sampai nanti kalau sudah dicaplok atau diklaim menjadi miliknya negara lain baru rame protes sana sini ...

    Tokoh terkenal wayang topeng itu adalah Zorro kang oeoes hue he

    Good posting ustadz ....

    ReplyDelete
  23. beginilah nasib kesenian Indonesia, kalah ama hiburan yg semakin canggih dan lebih menarik...

    ReplyDelete
  24. kayak pas di Lumajang...pasar malemnya ada yang kayak gini Kang

    ReplyDelete
  25. aduh kasian banget ya kalau sampek punah!ayo kita lestarikan kebudayaan di Indonesia.
    he..he...he...

    ReplyDelete
  26. mungkin kesenian macam gini dianggap nggak modern, padahal kesenian ini nih yang merupakan 'kekayaan budaya' bangsa kita

    ReplyDelete
  27. selamatkan kesenian daerah kang ! :)

    ReplyDelete
  28. biar gak punah hayo blogger pesta nanggap keseniane ...hehhehehe...kang oes yang booking

    ReplyDelete
  29. aku gak begitu suka seni tradisional.....soalnya dianggap kampungan :P

    ReplyDelete
  30. iya jg sih ya, gak suka karna emang gak rame diliatnya, harusnya, seni di indonesia itu selalu mengalami penyesuaian dengan zaman, kan dari dulu seni indonesia begitu, teknik modernisasi udah di perliatkan dari jaman dulu. mungkin yg gak mengalami modernisasi yang jadi dilupakan.
    topengnya ganti ama topeng satria baja hitam mungkin lebih rame wkkwkwkw.. [ngaco mode on]

    ReplyDelete
  31. saya setuju dengan usulan tyas, mungkin mesti di modif dulu... biar lebih menarik untuk kaum muda

    ReplyDelete
  32. oh iya, lupa salam kenal bung!! terimakasih sudah mampir ke blog saya, jgn kapok ya...?!

    ReplyDelete
  33. kesenian daerah kayaknya sudah mulai tergusur deh...pelan tapi pasti. sekarang orang2 kalo ada hajatan/acara2 pada seneng manggil penyanyi dangdut sih kali yay... :D

    ReplyDelete
  34. duh yang bondo nekat...kangen juga gw BW kemari...berapa hari kita gak saling sapa yach?

    ReplyDelete
  35. melalui blog ini anda sdh melestarikan seni & budaya itu sendiri.
    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  36. penonton konser musik apalagi kalo penyanyinya dr luar negeri pasti lebih banyak dr penonton kesenian tradisional meski harga tiketnya berkali lipat lebih mahal

    ReplyDelete
  37. wayang topeng itu hampir sama ama wayang orang kan Kang??
    duLu saya paling suka tuh... tapi sekarang udah engga ada Lagi yang kayak begituan,,,
    Paling-paling juga LENONG.. itu juga udah jarang...

    ReplyDelete
  38. menyedihkan banget yah klo kesenian tradisional mesti ilang di tangan generasi muda jaman sekarang. ayo kita bangkitkan lagi kesenian tradisional indonesia... *siap2 bawa toa dan umbul2* hehehe...

    ReplyDelete
  39. iya..banyak kesenian tradisonal kita yang hilang. klo ga diambil negara kita..ditelan ma zaman. gimana ni bangsa??

    ReplyDelete
  40. Selamat hari jadi Jawa Timur, semoga dengan postingan ini, kesenian tradisional daerah tetap dilestarikan

    ReplyDelete
  41. emang mas, budaya barat udah menggusur budaya kita dengan sukses. serangan mereka lancarkan via media, secara media mereka kuasai. target menghancurkan suatu bangsa secara halus adalah sikat generasi mudanya, cekoki mereka dengan budaya² merusak moral. kasihan benar orang indonesia ya, diracuni tapi gk berasa hahaha

    ReplyDelete
  42. Dampak krisis kali...
    kalo ngundang kesenian kayak gitu kan butuh biaya boz, heheeeee...

    Mending duitny pake sangu yg nikah aja, hahahaaaa...

    ReplyDelete
  43. Wah.. jangan sampe ada yang dilupakan..
    Ntar diambil sama Malingsia

    ReplyDelete
  44. Wah.. jangan sampe ada yang dilupakan..
    Ntar diambil sama Malingsia

    ReplyDelete
  45. yups sosialisikan kebudayaan lewat blog..thanks

    ReplyDelete
  46. itu apa ketoprak? asyik juga nih kalo nonton,,,pasti banyak tukang pecel sama kacang rebus ya?

    ReplyDelete
  47. kok masih situbondo ya? mana surabayanya,hue..he...

    ReplyDelete
  48. iya..ya..sedih banget ngelihat keadaan situbondo saat ini. terutama tentang kesenian daerahnya. beberapa saat yang lalu aku pernah nulis tentang pengalaman saya yang kurang berkenan atas ulah oknum pejabat yang sok di salah satu dinas di situbondo. aku dulu pernah melakukan penelitian kesenian daerah di situbondo. tapi, hasilnya... aku sedikit kecewa dengan keadaan... andai mereka tau siapa saya sebenarnya, dan maksud yang sangat tulus dari saya untuk minimal memperkenalkan situbondo lewat keseniannya, kiranya hal yang dulu terjadi takan pernah terjadi... saya sangat berterimakasih dan sangat bersyukur atas usaha Sodara dalam memperkenalkan kesenian Kadaryono yang boleh dikata sebagai salah satu ikon situbondo. saya doakan semoga kelak anda atau orang-orang yang seperti anda diberikan kedudukan yang layak dalam jabatan pemerintahan di situbondo. tidak seperti pejabat sekarang yang sok tau dan sok pinter. masa dalam blog kesenian daerah situbondo cuman berisi band,band,band,foto-foto yang gak penting.... sedih ya

    ReplyDelete
  49. ohya, punya reverensi tentang kesenian situbondo,lainnya ga?terutama kesenian musiknya seperti musik Tong-tong.haturnuhun...

    ReplyDelete
  50. @anita mui : duh senengnya....

    @tyas : hihihi... kalah ma anita ya, di modif gimana mbak...?kan lebih bagus dan tampak orisinil kalu tetap seperti dulu...

    @ANNA : ya semoga aja an, pemerintah lebih memperdulikan lagi tentang kesenian tradisional seperti ini.

    @bloggeraddicter : iya kang, eman-eman itu kan merupakan aset daerah, sayang kalo sampe punah

    @anitamui : iya mungkin nit, para pemudanya lebih seneng ma dugem atau yang lainnya daripada menikmati kesenian daerah, lha aku yang dibelakangnya camera itu lho, hehehehe

    @EbleH 182 : ya nanti diakui bangsa lain baru protes, kan sayang...

    @uNieQ : iya mbak lebih seru ngeliad langsung, tapi harus ngerti bahasa madura karena bahasanya bahasa madura.

    @cumie : yup malam minggu memang lagi kosong tuh, hehehe untungnya ada hiburan wayang topeng

    @Tony : ya semoga saja kang

    @belly wijaya : makasih kang, inicuma curahan hati kenapa seni tradisional kok udah mulai tergusur.

    @[googleholic] : bukan kurang konsen kang malah tidak menghiraukan sama sekali tentang kesenian daerah yang mulai pudar.

    ReplyDelete
  51. @rofi : ya kesenian tradisional kita memang keren-keren

    @Anang : yup memang itu tujuan saya mas

    @Yopan Prihadi : nggak juga kang kalau pemerintah kita bisa melastarikannya tidak mungkin kesenian kita diklaim bangsa lain, sebenarnya dari pemerintahnya saja yang kurang perhatiannya, hanya mau ngurusi perutnya sendiri aja.

    @JALOE : berubah lebih baik apa buruk kang jaloe

    @Cebong Ipiet : caranya ngerebut hati pemuda-pemudinya giman bong, dirayu ya, hehehehe

    @enhal : kesini kang kalu pingin nonton

    @Akhmad Zaini : abis D'masiv tampil para pemuda pemudinya pada buyar, mojok sendiri-sendiri, hehehehe

    @fajar : wayangan dewe sam, hehehehe

    @Abang : yup benar bang, wah ternyata tokoh zorro itu aku ya, hehehehe, thanks bang

    @xerow : yup bener dah kalah canggih kali, hihihi

    @gus : weh iya tah kang, sampyan sempet nonton ora...??

    @RIBIE_CIMOET : ayo kita sebagai pemuda pemudi hendaknya melestarikannya, jangan diam saja, hehehehe

    @Ayas : ya bener mungkin sudah usang bagi para pemuda-pemudinya kesenian seperti ini.

    @Panda : ayo bung panda

    @virtual mind : walah duitnya nggak ada nih, kalo patungan gimana...??hehehehe

    @iksan : setiap orang berhak suka atau nggak mas, aku sih cuek aja mau dibilang kampungan atau tidak, hehehehe

    @cumi : kalo diganti topeng cumie lebih banyak yang nonton kali, hehehehe

    @Endonezya : di modif gimana ya, diganti artis like ariel peterpan yang jadi dalang gitu maksudnya...?hehehehe

    ReplyDelete
  52. @Milla widia : ya lebih tertarik dengan artis dangdut nih kayaknya jaman sekarang kalo ada tanggapan

    @Kristina Dian Safitry : dah lama ya mbak...sama-sama disibukkan aktifitas sehari-hari hehehehe

    @anas : makasih dan salam kenal juga mas

    @nita : tanya kenapa...??

    @Bani "BBoy Kodok" : hampir mirip, ya maklum mungkin sudah dianggap ketinggalan jaman kang

    @Caroline Sutrisno : menyedihkan sekali mbak, ya semoga saja tidak punah...

    @iam : bagaimana ya kang, sedih rasanya ya kalo sampe hilang

    @Summase Sanjaya : yup makasih mas

    @tipis : bener mas, iya juga malah saya aja baru merasa mas, kalo dibodohi sama budaya barat.

    @wendra wijaya : wah kayaknya ada yang siap2 mau nikah nih, hehehehee

    @apiscerana : dah berapa banyak kebudayaan kita yang diambil ma si maling itu kang...??

    @coen : ayo bro, aku setuju

    @dede : cerita pewayangan mas

    @tyas : silahkan mbak, ngerusui juga gpp, hehehehe

    @Kristina Dian Safitry : masih macet disitubondo mbak, hehehehe

    @violaputra : kang kalo boleh tahu blog sampeyan apa...??wah masa kang, hiks sedih aku mendengarnya kang, musik tong-tong bukannya dari madura kang, waduh apa lagi ya kesenian khas situbondo nanti deh kalo inget saya posting lagi.

    ReplyDelete
  53. malam minggu pas itu aja yang kosong apa mang tiap malam kosong nih kang??
    klo tiap malam. berarti kang oeoes kudu cari nih hwahwahwa,.. mo dicariin kang?? :D

    ReplyDelete
  54. wah salut saya masih ada org memikirkan kesenian hari gini....keseniannya bagus y...

    ReplyDelete
  55. Kalo ada keseriusan dari pemerintah dalam membudayakan kesenian daerah bakalan maju indonesia, parawisata meningkat, turis berdatangan

    ReplyDelete
  56. Biasanya yang ada kan wayang orang...kethoprak....wayang kulit....ini wayang topeng....mungkin yang ceritanya diambil dari babad Amir Ambyah ya....?

    ReplyDelete
  57. Yah, tapi dalam Primbonnya Ki Ronggo Warsito juga sudah ditulis, bahwa jaman pasti berubah, budaya pasti akan mengalami peralihan dan pergeseran, kenapa? Karena manusia itu kreatif. Tapi kalau menurut saya, Kesenian tradisional kita harus di rawat, semoga blog Mas oeoes ini menjadi inspirasi bagi pembacanya agar mau "nguri2 kabudayan". Salam.

    ReplyDelete
  58. Yah semoga Indonesia lebih maju pariwisatanya.. amin

    ReplyDelete
  59. dateng lagi nengokin mas oeoes he..h.e. gimana kabar bro?

    ReplyDelete
  60. MAS JANGAN LUPA...
    TANGGAL 13 AGUSTUS, ADA PENTAS SENI DI PASAR BARU SITUBONDO, KLO BSA DATENG YA KITA BINCANG2,

    OK

    "NEVER SURRENDER"

    ReplyDelete
  61. @lely : OK, btw kok profil anda tidak bisa dilihat...?kalau boleh tahu blognya apa...?

    ReplyDelete
  62. fs ; lely.ardiansyah@gmail.com

    itu aja mas... sory aq g punya blog


    jgn lupa dateng ya mas tgl 13....

    dan yg pastinya g kalah seru ma yg di alun2

    (awas klo g di liput) he..he..he....
    ojho lali...

    "STILL ALLIVE"

    ReplyDelete