Semua Butuh Proses

Dalam satu tandan pisang, tak semua buahnya matang secara serentak. Ada diantaranya yang masih berwarna hijau tua. Maka, sang petani ada kalanya harus menyimpannya kembali beberapa saat menunggu hingga matang semuanya.

Pisang yang telah matang dan pisang yang terlambat matang, kelak akan memiliki rasa yang sama yakni memiliki rasa pisang. Meskipun waktu untuk menjadi matang pada pisang berbeda-beda…

Begitulah kita..tak mungkin semuanya sama. Ada kalanya menurut ukuran kita, suatu masalah dapat diselesaikan hanya dengan beberapa menit saja. Tapi bagi orang lain belum tentu, ia butuh waktu untuk menyelesaikannya. Bahkan belum sampai pada kesempurnaan. Namun pada akhirnya, hasil yang didapatkan tetap dapat dirasakan.

Dalam hidup ini tak seorang pun sempurna pada bingkai kemampuannya. Karena di antara kita memang tidak sama dan serupa, kita dilahirkan berbeda, hidup di lingkungan berbeda, pada kondisi yang berbeda dan segala hal yang berbeda. Yang mesti diingat adalah bahwa setiap orang memiliki kesamaan keinginan dan memiliki hak yang sama dalam mendapat kesempatan, betapapun itu harus dipergilirkan. Karenanya, percuma saja memperdebatkan suatu ketidaksamaan, perbedaan, dan ketidakcocokan dengan orang lain, karena kita tak akan mendapat titik temu.

Sungguh tak ada yang sempurna di antara kita, maka janganlah rendah diri…semua butuh proses menjadi lebih baik…..

sumber : http://www.krenungan.org

51 Responses to "Semua Butuh Proses"

  1. PertamaaaaX.
    wah ada bayi ajaib yang bisa ngasih naehat neh....sstt...diem. dengerin...

    ReplyDelete
  2. makasih kang pencerahannya..saya salut sama kang oeoes..;) sukses kang..:)

    ReplyDelete
  3. Wejangan yang sangat bagus kang...

    Terimakasih kang dah sharing..

    ReplyDelete
  4. memang benar--hidup tanpa proses tidak ada makna karena proses merupakan pemblajaran yang sebenrnya..hasil hanya sebagian dari sebuah proses dan bukan tujuan..tujuan yang sebnarnya adalah proses..nice artikel

    ReplyDelete
  5. proses... hmm jadi ingat kata 'temen' cc dulu pas cc selesai kul gini omongannya yg sampe skg masih cc ingat
    'hidup itu adalah proses, akhir dari proses itu merupakan proses untuk babak selanjutnya' so intinya qt memang ga pernah lepas sama yg namanya proses.. bukan begitu kang oes??

    ReplyDelete
  6. Tul semuanya butuh proses :D

    ReplyDelete
  7. @gus : dengerin ya kang

    @Blogger Addicter : sama-sama kang nara, aku coma copas kok

    @I ketut Riasmaja : wejangan dari copas aja kok kang.

    @enhal, @Taktiku & @uNieQ : yup bener, tanpa proses tidak akan mungkin ada hasil dan tujuan, jadi sebenarnya yang utama adalah prosesnya

    ReplyDelete
  8. Benar sekali pak ustadz, jangan kita berdebat lagi tentang ketidaksamaan, perbedaan, dan ketidakcocokan dengan orang lain, justru heterogenitas itu akan memperkaya wawasan kita ...belajarlah menghargai perbedaan2 yang ada dengan menjadi manusia yang manusiawi. Cerminan manusia yang manusiawi adalah :

    - Sadar pada keterbatasan, dalam arti mampu menerima kekurangan diri sendiri dan orang lain;
    - Menghargai perbedaan;
    - Mengakui keunggulan orang lain;
    - Sudi berbagi;
    - Enggan mendikte orang lain;
    - Berhenti mengkalkulasi

    Jernihkan pikiran kita ...hanya kejernihan pikiran yang mampu meredam ambisi, karena dengan kejernihan pikiran, hati akan terangsang untuk bisa menerima segala perbedaan dan keterbasan orang lain.

    Good posting pak ustadz ...!!!

    ReplyDelete
  9. setuju... tak ada yang instan di dunia ini selain mie instan. segalanya perlu usaha. lha wong masak mie instan saja perlu usaha. :p

    ReplyDelete
  10. Kata-katane maut banget.. Sip. Allah memang maha adil. Kalo sama kan bisa repot. Alias di antem roto.. Ngganteng siji ngganteng kabeh. Lha yang susah kalo?? Jadi bencong.. hehehe.. nggak bisa mbayangne.. lucu paling :D

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas postinganya Broer...hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah.. postingan bijak nie..

    Trims ya mas..

    ReplyDelete
  13. wah..bunda agak takut memainkan kata "sempurna" karena sempurna itu hanya milik Tuhan. Biasanya kalo ada orang yang menganggap dirinya sempurna, pasti akan di'lirik' Tuhan untuk menguji kesempurnaannya itu... (baru kali ini bunda ngomong serius ceilee..)

    ReplyDelete
  14. yukz.... semuanya memeng butuh proses.. tpi jangan sampai pada proses kita terseok oleh prosesnya itu.. jdi pandai2 belajar dari yang lebih dewasa untuk mengambil watak dewasanya...

    ReplyDelete
  15. yup semua butuh proses untuk menjadi lebih baik, namu proses itu butuh waktu yg kadang tidak sebentar jadi tambahannya adalah bersabar... :)

    ReplyDelete
  16. waaa ada pisang disebut2 *naluri banana lovers tergugah hehehe*
    Tiada yang sempurna selain Allah:)

    ReplyDelete
  17. Walaupun kita berbeda beda, tetap kita haruslah bersatu.

    ReplyDelete
  18. wah dapat masukan nih dari mas oeoes

    proses emang penting. dan hidup adalah proses. am i right, mr oeoes?:D

    ReplyDelete
  19. bener bro, semuanya butuh proses. postingnya bagus nih, ngingetin kalo ga ada jalan pintas, ada juga kadang2 jalan pintas itu malah bawa bencana

    ReplyDelete
  20. perbedaan emang bukan utk diperdebatkan...
    dg saling menghargai adanya perbedaan, hidup akan terasa lebih indah..
    seperti indahnya sebuah perjalanan/proses dalam kehidupan, yg mungkin justru lebih indah dibanding saat kita bisa mencapai tujuan..

    *ngomong opo to ikiiii...*

    ReplyDelete
  21. richard.si.pisang.jadul™August 30, 2008 at 1:55 AM

    setubuh, eh setuju untuk nggak rendah diri. kadang perlu super pe-de untuk buang semua prasasti, eh prasangka. bukan nggak tau malu kok, namun faktanya pisang kita, eh kita dari tanah yang sama.

    nice kang oes! salam piss.......sang

    ReplyDelete
  22. Hidup itu proses bukan perbuatan :D

    ReplyDelete
  23. kata kata bijak yang sangat membangun bro. bener banget tuh filosofi pisangnya hehehe suatu saat pasti akan matang.. btw gw bukan neng. panggil aja bro jangan kang ah. uda kebanyakan kang di blogger world. OK??

    ReplyDelete
  24. semua ada waktunya, klau belum waktunya mau maksain ya ngga bakal bisa, pokoknya tetep berusaha dan telaten hehehehe plus banyak berdoa hehehehe

    ReplyDelete
  25. Waduh,,, ane jadi sungkan neh. Ane masih blom di proses. Hehehe...
    Makasih bro

    ReplyDelete
  26. dapet inspirasi dari mana bro nih postingannya...asli .. cerdas nih nih..hhmm....

    apa beda pisang ambon ma pisang betwai bro hehehe

    ReplyDelete
  27. Aduh, I am getting better or getting worse ya

    ReplyDelete
  28. @abang : makasih atas pencerahannya bang andi

    @Fajar Indra : betul mas

    @Ebleh 182 : tinbang diantem roto, mending sampyan tak antemi piye...?hehehe

    @indo, wendra wijaya, The_Phenomenon : sama-sama

    ReplyDelete
  29. keberhasilan ga datang dalam satu malam

    ReplyDelete
  30. NO BODY IS PERFECT

    The perfection only belongs to ALLAH

    ReplyDelete
  31. dalem banget.....coba semua manusia bisa melihat titik kelemahannya sendiri?????????

    ReplyDelete
  32. uhui tulisan mantep.. templatenya juga mantep ..tep..tep.. sahurrrrr... oh belum yach :D

    ReplyDelete
  33. semua memang perlu proses..

    ReplyDelete
  34. Semua orang sama cuma pendapat orang yang berbeda-beda...Betul kah??
    =========================================
    baru bayar utang nih...dari kemaren gak sempet koment..Hihikz..sorry...

    ReplyDelete
  35. learning by doing.. proses dengan belajar......

    ReplyDelete
  36. kebetulan pencerahanya sangat bearti bagiku..thank share nya :)

    ReplyDelete
  37. Segala sesuatunya nggak ada yang instant, butuh perjuangan, pengorbanan dan waktu.....seseorang yang mampu melewati itu semua niscaya dia sukses

    ReplyDelete
  38. wajah baru dengan tampilan baru, yang mebuat semuanya makin fresh, dan hal ini mungkin butuh proses. Yang instant akan hilang dengan instant juga

    ReplyDelete
  39. analogi tentang pisangnya pas banget tuh.
    gw juga setuju untuk saling menghargai perbedaan kerna dunia jadi lebih indah dengan adanya perbedaan di antara manusianya. klo semua orang sama, postingan di blog juga sama semua... blogsphere jadi ga seruw dehh...

    ReplyDelete
  40. @Panda : betul bung

    @edisamsuri : sip pak guru, hanya Allah SWT yang Sempurna.

    @saint angel : sumurkah, kok dalem, hehehehe

    @jalooe : ah bisa aja nih kang jalooe

    ReplyDelete
  41. @aha : betul seinstan apapun juga ada prosesnya ya gak...?

    @jovie : iya mbak, dilihat dari sisi mana dulu mbak...??hehehehe

    @Anang : ini dia, learning by doing, belajar dari proses, makasih mas anang masukannya.

    @Tony : sama-sama mas

    @edisamsuri : terbukti seperti yang komentar ini, betul kan pak guru, hehehe

    @kapanpun : iya kang sampe maunyerah ngeditnya

    @Caroline Sutrisno : betul mbak, setuju

    ReplyDelete
  42. pisang hmmm. I like it...gut post guys

    ReplyDelete
  43. Memang bener... semua butuh proses dan kesabaran, seperti contohnya misal temen kita sudah ada yg sukses tapi ko kita blom yah, mungkin pisang dia dah matang yg kita blom matang sehingga mesti nunggu dulu untuk mejadi pisang matang (kesuksesan)

    artikelnya bagus..

    ReplyDelete
  44. yups tuull benar apapun didunia ini perlu proses...juga tak ada manusia yg sama persis didunia ini walau dia anak kembar yg dilahirkan dari satu rahim ibu..

    ReplyDelete
  45. yups, saya setuju om menjadi yang lebih baik... sesuai slogan blog saya kekekekkekek

    ReplyDelete
  46. @iksan : dari pisang yang disuka apanya mas...?hehehehe

    @Locksmiths Eastern Suburbs : betul bro, contoh yang bagus tuh

    @anita mui : ya meskipun identik sekalipun belum tentu kesuskesannya bisa bersama-sama

    @subagya : ok mas sip

    ReplyDelete
  47. Memang semuanya serba proses. Saya juga setuju ama komentar dari unieq diatas .. akhir sebuah proses adalah awal proses beikutnya

    ReplyDelete
  48. setuju,
    justru proses itulah yang membuat kita lebih arif dan bijaksana dalam menghadapi hidup. Saya kurang setuju sama "product instant" yang sekarang menjadi trend di banyak sektor.

    ReplyDelete
  49. kalo liat tulisannya sih....bisa aku ambil hikmahnya buat saya nih nyang baru di dunia ini...thx kang

    ReplyDelete
  50. proses adalah satu bentuk sarana pembelajaran dalam hidup kita, sebuah jalan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  51. proses memang harus kita lalui untuk bisa sukses..

    doain gw ya supaya sukses di bisnis online hehe

    ReplyDelete