Ketika Lupa Password BIOS

Terkadang kita lupa dengan password BIOS, sehingga ketika akan merubah konfigurasibios mengalami kesulitan. Biasanya untuk membuka password tersebut dilakukan dengancara merubah posisi jumper atau melepas baterai komputer, sebuah pekerjaan yang amatmerepotkan dan riskan.Untuk melepas jumper, kita memerlukan manual mother boardsedangkan melepas baterai CMOS, pada komputer tertentu terutama yang produk lamabiasanya baterainya disolder ke mother board. Bila tidak hati-hati dan salahmelakukannya mother board bisa rusak.

Berikut ini ada cara untuk mengatasi kerepotan-kerepotan tersebut :
  1. Standar BIOS backdoor password
    Dengan cara mengetikan password menurut nama pembuatnya (coba salah satu, dan perhatikan besar kecilnya huruf) sebagai berikut:
    AWARD BIOS : AWARD BIOS, AWARD SW, AWARD_SW, Award SW, AWARD PW, award, awkward, J64,j256, j262, j332, 01322222, 589589, 589721, 595595, 598598,HLT, SER, SKY_FOX, aLLy, aLLY, Condo, CONCAT, TTPHA, aPAf,HLT, KDD, ZBAAACA, ZAAADA, ZJAAADC, djonet
    AMI BIOS : AMI BIOSAMI, A.M.I., AMI SW, AMI_SW, BIOS, PASSWORD, HEWITT RAND,Oder.
    Jika cara di atas gagal, password lain yang bisa dicoba (untuk AMI, AWARD atau BIOSlainnya) adalah:LKWPETER, lkwpeter, BIOSTAR, biostar, BIOSSTAR, biosstar,ALAFAROME, Syxz, Wodj2.
  2. Membuka BIOS lewat debug
    Bila cara yang di atas gagal, Anda bisa membuka password bios dengan menggunakan utility DEBUG dari MSDOS. Sebaiknya Anda mengerjakannya dalam mode MSDOS murni, bukan dari MSDOS shell dalam Windows.Setelah masuk dalam prompt debug, ketik perintah berikut:
    Untuk AMI/AWARD BIOS
    O 70 17O
    71 17
    Q
    Untuk PHOENIX BIOS
    O 70 FFO
    71 17
    Q
    GENERIK berlaku untuk semua mother board AT (board XT tidak punyaCMOS)
    O 70 2EO
    71 FF
    Q
    CATATAN: Karakter pertama adalah huruf O bukan angka 0.Setelah melakukan langkah di atas, reset komputer dan Anda bisa merubah konfigurasikomputer. Selamat bekerja.

Sumber : Dari berbagai sumber